Minggu, 09 Mei 2010

Hybird Routing

EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah routing protocol yang hanya di adopsi oleh router cisco atau sering disebut sebagai proprietary protocol pada CISCO. Dimana EIGRP ini hanya bisa digunakan sesama router CISCO saja dan routing ini tidak didukung dalam jenis router yang lain.
EIGRP sering disebut juga hybrid-distance-vector routing protocol, karena cara kerjanya menggunkan dua tipe routing protocol,yaitu
Distance vector protocol dan Link-State protocol, Dalam pengertian bahwa routing EIGRP sebenarnya merupakan distance vector protocol tetapi prinsip kerjanya menggunakan links-states protocol.sehingga EIGRP disebuat sebagai hybrid-distance-vector,mengapa dikatakan demikian karena prinsip kerjanya sama dengan links-states protocol yaitu mengirimkan semacam hello packet.

a. Compability mode
EIGRP menawarkan mendukung multiprotocol sedangkan pada igrp tidak mendukung multiprotocol. Metric calculation metric calculation adalah penghitungan metric EIGRP dan IGRP dari hasil perhitungan metric tadi maka EIGRP dan IGRP akan memilih sebuah jalur yang dianggap paling efisief untuk menuju ke network tujuan. gambaran perhitungan metric calculation












b. Hopcount
HOP count IGRP bisa mencapai maximal sebanyak 255 sedangkan EIGRP hanya mendukung hop count maximal sebanyak 224.

c. Automatic protocol redistribution
EIGRP akan secara otomatis akan mendistribusikan routing tablenya
ke routing protocol yang lainya.

d. Route tagging
EIGRP mengenal yang namanya internal routing dan external routing EIGRP,dan EIGRP memiliki fasilitas route tagging yang berfungsi untuk mengecek external routing ,sehingga EIGRP akan mengetahui routing protocol yang digunakan oleh router tetangganya.
Sedangkan IGRP tidak memiliki fasilitas route tagging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar